.

.

Laman

Thursday, 1 December 2016

Progres Pembangunan Jembatan Musi VI Capai 34 Persen

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Syamsul Bahri. (Foto : KoranKito)
PENESAK (PALEMBANG) – Progres pembangunan Jembatan Musi VI sudah mencapai 34 persen yang ditargetkan rampung pertengahan 2018.  

Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Syamsul Bahri mengaku, progres Musi VI paling cepat dibandingkan Musi IV. “Sekarang fisiknya sudah 34 persen,” ungkap Syamsul. 


Ia mengungkapkan, kondisi pengerjaan terkini, dari rencana pembangunan sembilan pilar di Jembatan Musi VI, saat ini sudah terpasang lima pilar.

“Kalau untuk proses pembebasan lahan, sudah hampir rampung. Dan ini tidak menganggu pekerjaan. Untuk di Seberang Ilir, tinggal 1 persen lagi dan di Seberang Ulu tinggal 2 persen lagi belum dibebaskan,” jelasnya. 

Hingga akhir 2016 ini, pengerjaan Jembatan Musi VI diharapkan menembus realisasi maksimal, setengah dari rencana yang dibuat.   “Kita targetkan hingga akhir tahun ini pengerjaan mencapai angka 40-50 persen,” katanya.

Kondisi ini, lantaran memang pengerjaan Jembatan Musi VI lebih dahulu dibandingkan jembatan Musi IV, jadi wajar realisasi pengerjaan Musi VI lebih tinggi. “Total dana pembangunan Musi VI ini mencapai Rp340 miliar sampai tahun 2018,” tukasnya. 

Hanya saja menurutnya sering turunnya hujan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang saat ini dapat mengakibatkan pengerjaan Jembatan Musi VI sedikit terhambat. “Kondisi cuaca saat ini yang sering hujan memang sedikit menghambat pengerjaan Jembatan Musi VI karena debit air di Sungai Musi meningkat,” katanya. 

Meskipun begitu, pihaknya tetap optimistis pengerjaan Jembatan Musi VI akan selesai tepat waktu sesuai dengan target yang telah ditentukan yaitu akhir  2017 mendatang. 

“Kita optimis karena memiliki metode pengerjaan yang dapat dilakukan dalam kondisi seperti ini,” ujar Syamsul, dikutip korankito. 

Syamsul menambahkan, Jembatan Musi VI ini nantinya akan menjadi salah satu jembatan alternatif untuk menuju Jakabaring pada saat Asian Games mendatang. 

“Karena itu, kami berharap dapat cepat selesai dibangun sebagai fasilitas Asian Games mendatang,” katanya.

No comments:

Post a Comment