.

.

Laman

Wednesday, 21 September 2016

Tes Rambut Pilkada Muba Tunggu Revisi BNN

Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Partisipasi Pemilih, A Naafi SH MKn. (Sumber foto : sripoku)
PENESAK (PALEMBANG) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel masih menunggu surat revisi dari BNN untuk melaksanakan tes narkoba dengan menggunakan rambut.


"Tentang pemeriksaan narkoba cabup/cawabup untuk urine, darah dan rambut hari Jumat kemarin kami sudah bicarakan dengan BNN. Masalah waktu dan biaya serta proses pemeriksaan tapi itu dengan standar surat 2794 dari BNN. Nah kalau surat itu direvisi ya kita menunggu surat revisinya dari BNN," ungkap Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Partisipasi Pemilih A Naafi SH MKn usai mengikuti Rapat Paripurna XIX DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda, Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Sumsel Terhadap 5 (lima) Raperda Provinsi Sumsel, Rabu (21/9/2016).

Menurut Naafi, untuk pemeriksaan urine, darah bisa di Palembang. Sedangkan untuk tes rambut dibawa sample ke laboratorium BNN Pusat.

"Waktunya bisa 4 hari. Itu hasil diskusi dengan BNN Jumat kemarin. Kalau standarnya bebas penyalahgunaan narkoba yang diperiksa harus urine darah dan rambut," jelas alumni Fakultas Hukum Unsri ini.

Ditegaskan, KPU akan konsisten kalau tidak memenuhi syarat tidak akan diloloskan sebagai calon.
Paslon akan mengikuti tes kesehatan pada tanggal 24-27 September 2016 di RSMH Palembang. Penyampaian hasil kesehatan 27-28 September 2016.

"Banyak komponen, tes urine juga ada tambahan rambut. Mensinkronkan dengan 4 hari. Mudah-mudahan tercapai. Hasil pemeriksaan itu menentukan. Bisa saja pengaruhnya berdampak ke organ yang lain. Tim medis memahami itu. Tim dokter akan melihat memenuhi syarat tidaknya sebagai bupati. Tim dokter bersama IDI. IDI merekomendasi RSMH karena dianggap peralatan lebih lengkap," terangnya, seperti dikutip sripoku.

Setelah pencalonan akan diteliti. Ketika diterima persyaratannya sudah lengkap. Setelah diteliti hasilnya 29-30 pemberitahuan hasil. Perbaikan 29 September-1 Oktober. Penyerahan perbaikan 1-3 Oktober 2016.

Syarat dukungan dari DPP ditandatangani Ketua dan Sekjen. Untuk calon independen sudah memenuhi syarat 400-an.

Sudah diverifikasi. Tinggal dia mendaftar. Sudah dinyatakan cukup oleh KPU. 24 Oktober penetapan Paslon.

No comments:

Post a Comment