.

.

Laman

Saturday, 24 September 2016

Korea Utara Hanya Punya 28 Situs Internet

Kim Jong Un
PENESAK - Soal koneksi internet, Korea Utara sudah terkenal karena aksesnya yang benar-benar tertutup. Bahkan, secara total negara tersebut cuma punya 28 situs internet.

Informasi ini muncul dari sebuah postingan di GitHub oleh Matt Bryant, seorang engineer keamanan, yang mengungkap bahwa situs yang terdaftar dengan domain .kp cuma berjumlah 28.

Dari daftar tersebut, terlihat ada situs yang sudah populer seperti Rodong yang merupakan kantor berita Korut, ataupun Air Koryo yang merupakan maskapai penerbangan mereka.

Namun ada juga situs-situs yang tak terkenal, seperti Friend, yang sepertinya adalah situs jejaring media sosial, ataupun Korfilm yang kemungkinan berisi film-film Korut, demikian dikutip inet.detik, Kamis (22/9).

Namun kebanyakan situs tersebut tak lagi bisa diakses sejak data-data itu diposting di GitHub. Diperkirakan hal ini terjadi karena server mereka tak siap untuk menghadapi lalu lintas pengunjung yang mendadak meningkat.

Jumlah situs yang cuma 28 ini sebenarnya tak bisa dibilang mengejutkan, karena jumlah pengakses internet di Korut pun tak banyak, diperkirakan angkanya hanya beberapa ribu. Jaringan internet di Korut bernama Kwangmyong, yaitu sebuah jaringan yang berisi situs-situs yang yang sudah disetujui oleh pemerintah Korut.

No comments:

Post a Comment